Survei ASI: 75,6 Persen Publik Setuju Jokowi Reshuffle Kabinet

Merdeka.com – Hampir genap satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) menyampaikan hasil surveinya. Mereka menyebutkan 75,6 persen responden setuju dengan reshuffle atau pergantian menteri pada Kabinet Indonesia Maju jilid II.

Angka itu didapat dari 1000 responden dengan margin of error +/- 3.1 persen, dilaksanakan pada kurun waktu 9-12 Juni 2020 di 34 provinsi di Indonesia memakai cara telesurvei, yaitu responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Dengan membandingkan aspek karakteristik geografis gender, desa, kota etnis, maupun agama.

“Terkait wacana perombakan reshuffle kabinet, sebanyak 75,6 persen publik mengatakan setuju angka itu dibagi menjadi 20,5 persen sangat setuju dan 55,1 persen setuju. Sementara 16,9 persen mengatakan tidak setuju. Sisanya 7,5 persen mengaku tidak tahu atau tidak jawab,” sebut Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rifan dalam keterangan persnya, Jumat (19/6).

Kemudian, dia mengatakan dari hasil survei ASI tunjukan keinginan publik untuk adanya perombakan kabinet pada pemerintahan Jokowi agar performa kinerja para menteri yang ada lebih baik lagi.

Kepuasan Kinerja Menteri, Prabowo Paling Tinggi

Sedangkan untuk hasil survei terkait kinerja para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju Jilid II. Hasil survei ASI menunjukkan tingkat kepuasaan publik terhadap kinerja para menteri cukup rendah, dengan rata-rata di bawah 50 persen.

“Temuan survei ini bisa menjadi catatan evaluasi bagi Presiden Jokowi untuk meninjau kembali para pembantunya,” tutur Rifan.

Kendati demikian pada hasil survei untuk masing-masing menteri, lanjut Rifan, dari hasil survei ASI Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada di peringkat atas dari 34 menteri. Dengan total 43,7 persen puas, 39 persen tidak puas, dan 17 persen tidak tau atau tidak jawab.

Untuk posisi kedua ada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Marsudi dengan angka kepuasan 38,0 persen dan peringkat tiga ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (MenkoPolhukam) Mahfud MD dengan angka 37,9 persen.

Sedangkan Menteri dengan peringkat terendah yakni, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 23,3 persen, Menteri Agama Fachrul Razi 23,8 persen, dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 26,1 persen. Dilanjutnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly 27,1 persen dan Menteri Kesehatan dokter Terawan 27,5 persen. (mdk/eko)

Sumber : https://m.merdeka.com/politik/survei-asi-756-persen-publik-setuju-jokowi-reshuffle-kabinet.html

Share this post