80,5% Masyarakat Minta Bantuan Kuota Internet Dilanjutkan

Jakarta – Program kuota internet Kemendikbud menjadi andalan untuk belajar dari rumah di masa pandemi. Masyarakat meminta program ini dilanjutkan.

Itulah temuan dari survei bertajuk ‘Bantuan Kuota Internet: Antara Polemik dan Persepsi Publik’. Survei ini diadakan Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) pada 7-11 Oktober 2020 kemarin.

Survei dilakukan kepada 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Margin of error adalah 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%. Responden diwawancara telepon dengan pertanyaan kuisioner.

Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an mengatakan publik menilai positif terhadap program kuota internet Kemendikbud. Mereka meminta program ini dilanjutkan pada tahun depan.

“80,5% masyarakat ingin supaya program bantuan kuota internet ini perlu dilanjutkan di tahun 2021,” demikian rilis ASI yang diterima detikINET, Jumat (16/10/2020).

Bantuan kuota internet gratis dinilai 84,7% masyarakat sebagai langkah tepat di tengah wabah COVID-19, sedangkan 13,7% responden menilai tidak tepat. 85,6% Responden juga menilai kuota internet Kemendikbud meringankan beban ekonomi orangtua, pelajar dan mahasiswa dalam membeli paket internet. Sedangkan, 13,6% responden menjawab tidak meringankan.

Para responden juga mereka juga memberikan sejumlah kritik dan usulan. Ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki oleh stakeholders terkait.63,2% Masyarakat mengatakan puas dengan kinerja Pusdatin dan Kemendikbud dalam menyalurkan bantuan kuota internet. Sedangkan ada 32,1% responden mengatakan tidak puas.

Kritikan itu adalah sinyal internet tidak stabil (23,8%), akses internet terbatas (16%), pembagian bantuan belum merata (13,3%) dan publik masih ada yang belum tahu (20%).

“Perlu dilakukan sosialisasi terus menerus terkait program bantuan kuota internet. Sebab berdasarkan survei, masih ada sekitar 20% publik yang masih belum tahu program tersebut,” pungkasnya.

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-5216750/805-masyarakat-minta-bantuan-kuota-internet-dilanjutkan

Share this post